Jumat, 10 Juni 2011

Kumpulan Artikel Komputer Bermanfaat

Pengenalan Hardware : Power Supply

Power Supply diartikan sebagai tenaga penggerak bagi computer. Seperti makanan, power supply membuat sebuah computer bekerja. Power Supply pada sebuah CPU pada dasarnya adalah adaptor yang bekerja mengubah arus AC/Listrik menjadi DC. Atau merubah arus bolak-balik menjadi searah. Hal ini dikarenakan setiap peralatan/hardware menggunakan arus DC.




RAM (Random Access Memory)

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/ca/Memory_module_DDRAM_20-03-2006.jpg/220px-Memory_module_DDRAM_20-03-2006.jpg


Ram adalah sejenis Memori. Dan seperti kita tahu, Memori adalah tempat penyimpanan data. Sama dengan memori yang kita kenal seperti memori card, SDCard bahkan harddisk. Bedanya, RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang bisa dilakukan sebagai tempat penyimpanan data secara acak. Hal ini tentu berbeda dengan memori pada umumnya yang hanya dapat menyimpan memori secara urut. Misalnya harddisk, data telah dialokasikan di tempat-tempat yang telah di tentukan.



Processor 

 http://hargakomputer-1.com/foto_produk/27intel-xeon-5500-group-1.jpg

Processor merupakan “Otak” yang mengatur kinerja computer. Processor, adalah sekumpulan IC yang yang bekerja sama mengatur setiap Input dan Output bagi Motherboard.
Processor berkembang bertujuan untuk mempercepat kinerja mengolah data. Lalu berkembang dari pengolahan data perintah huruf/command menjadi perintah klik di Mouse. Perkembangan selanjutnya adalah processor generasi MMX (Multimedia Extra) dengan kemampuan mengolah data Video, Musik grafis dan perintah multimedia lainnya.



MOTHERBOARD

Motherboard adalah papan induk tempat berpusatnya kinerja CPU.
Sekarang, kita akan mempelajari bagian-bagian Motherboard. Dalam sebuah motherboard terdapat fungsi-fungsi atau komponen-komponen sebagai berikut:

1.       Harddisk Port
Harddisk Port adalah Port/Soket yang di gunakan untuk memasang Kabel Data Harddisk. Port Harddisk ini juga digunakan untuk Optical Disk (CDRom, DVDRom, DVDRW, dll).
Saat ini, kita mengenal 2 jenis Harddisk Port yaitu:
-          IDE (Integrated Drive Electronics) Port, yaitu Port Harddisk 40 Pin yang menghubungkan Motherboard dengan Harddisk melalui Kabel Data IDE. Port ini biasanya disediakan 2 buah yang terdiri dari : Primary dan Secondary.
IDE Port juga dikenal dengan nama ATA (Advanced Technology Attachment).
-          SATA Port, yaitu kepanjangan dari Serial ATA. SATA bisa di bilang pengembangan dari interface ATA dengan kecepatan transfer data yang lebih baik. Dengan munculnya Serial ATA, maka interface yang lama di sebut Parallel ATA (PATA).

Baca Selanjutnya


Pengenalan HARDWARE

Komputer adalah sebuah perangkat yang terdiri dari : Sebuah CPU (Central Processing Unit), Sebuah Input, dan Sebuah Output. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes